[Investasi Yuk!] Pengalaman Nabung Tabungan Emas di Aplikasi Pegadaian Digital

Sunday, June 06, 2021 Ester Herliana 0 Comments

Hello! Apa kabar nya nih temen-temen di tahun 2021? Nggak berasa ya, sekarang sudah memasuki pertengahan tahun.. Ngomongin soal tahun 2021, hal baru apa nih yang sudah kalian pelajari? Kalau aku, di tahun 2021 mulai konsisten ber-investasi dan belajar berbagai macam instrumen investasi. Aku seneng banget, saat ini banyak orang sudah mulai peka terhadap pentingnya berinvestasi. Didukung pula oleh merajalelanya aplikasi financial digital- fintech (financial technology).

Sama-Sama Belajar Yuk! #EsterBelajarInvestasi
disclaimer : Semua content terkait investasi yang aku share berdasarkan pemahaman, pendapat, dan pengalaman aku ya.

Pada dasarnya investasi itu menyimpan sejumlah dana untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Terus, kapan sih harus mulai belajar berinvestasi? Kalau aku, semenjak mendapatkan income sendiri. Instrumen investasi yang pertama kali aku coba adalah Time Deposit (Deposito berjangka). Karena, dengan menyimpan dana di deposito terbilang memiliki resiko rendah dan bunga yang lumayan juga. Untuk memulai berinvestasi, aku sarankan untuk memilih instrumen investasi yang tergolong beresiko rendah (low risk).

Aset Finansial dan Aset Riil
Sebelum memulai berinvestasi, alangkah lebih baiknya kalian memahami jenis-jenis Aset yang bisa menjadi pertimbangan untuk berinvestasi. Dasarnya, aset itu terbagi menjadi 2:
1. Aset Riil
Aset yang berbentuk fisik dan diprediksi akan memiliki kenaikan harga.
Contoh : Rumah, tanah, emas fisik
2. Aset Finansial
Aset yang tidak berbentuk fisik. Biasanya berbentuk surat sebagai bukti kepemilikan.
Contoh: Saham, Obligasi, deposito, tabungan.

Aku pribadi cenderung memilih berinvestasi di Aset Finansial dan bukan Aset Riil (Tanah, Rumah, dll). Saat ini, pengalokasian dana aku bagi-bagi tidak hanya di 1 instrumen investasi saja. Just in case, untuk mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan. Dan perlu digaris bawahi juga, dana yang aku alokasikan untuk berinvestasi selalu uang dingin. Pastikan kalian sudah memiliki dana darurat dan asuransi. Terkait, cerita bagaimana aku mengalokasikan dana.. Aku akan share di blog terpisah ya.

Nah, ngomongin soal Aset Finansial. Selain deposito, aku juga sudah rutin berinvestasi di emas. Karena, harganya yang relatif naik dan tergaja setiap tahunnya. Hanya saja untuk memiliki emas fisik (dalam bentuk logam mulia, koin, atau perhiasaan) ada resiko dalam proses penyimpanan. Mudah hilang ataupun dicuri. Nah, ternyata dengan kemajuan technology aku seneng banget ternyata Pegadaian sudah memiliki layanan Tabungan Emas yang sangat membantu kita untuk berinvestasi.

Apa itu Tabungan Emas Pegadaian?
Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas. Layanan transaksi emas ini bisa dilakukan melalui outlet Pegadaian di Seluruh Indonesia dan aplikasi digital Pegadaian. Walaupun kita melakukan transaksi secara online, fisik emas nya itu ada dan tersimpan di Pegadaian. Praktis dan mudah ya? Yuk, simak lebih lanjut.. Aku akan bahas secara details pemngalaman aku membuka Tabungan Emas di Aplikasi Pegadaian Digital.

Thanks to Pegadaian! Sekarang masyarakat dimudahkan untuk berinvestasi Tabungan Emas. Sebagai salah satu perusahaan BUMN, aku tidak ragu untuk melakukan transaksi di Pegadaian. Ditambah dengan adanya aplikasi Pegadaian Digital sangat memudahkan untuk memonitoring ataupun melakukan transaksi emas. Aplikasi Pegadaian Digital bisa kalian download di playstore / appstore ya.


Manfaat Tabungan Emas Pegadaian
Kenapa aku mempercayakan bertransaksi dan berinvestasi di Tabungan Emas Pegadaian? Simak kesimpulan gambar berikut:


Selain 6 point utama di atas, berikut beberapa point keuntungan lainnya:
1. Selain melalui aplikasi digital, transaksi juga tetap tersedia diseluruh outlet Pegadaian.
2. Layanan transaksi Tabungan Emas dapat dilakukan melalui e-commerce seperti : Shopee dan Tokopedia.
3. Top up Tabungan Emas Pegadaian melalui aplikasi start from Rp50.000, dan langsung dikonversi menjadi berat emas sesuai harga emas hari itu
4. Order untuk cetak emas fisik dapat dilakukan mulai dari kepingan berat 1 gram.
5. Tabungan Emas Pegadaian bisa ditransfer ke rekening Tabungan Emas lain, dijual, dan juga dicetak menjadi emas batangan bersertifikat mulai dari 1 gram.
6. Biaya administrasi dan pengelolaan ringan.

Details FAQ Tabungan Emas : Website Pegadaian

Langkah-langkah Mudah Membuka Rekening Tabungan Emas Pegadaian melalui Aplikasi Digital

1. Download Aplikasi Pegadaian Digital yang ada di Playstore / Appstore
2. Pilih "registrasi" dan lakukan registrasi. Lakukan juga Verifikasi akun melalui OTP No Handphone & Email.


3. Setelah berhasil Registrasi, Klik menu Buka Tabungan Emas



4. Isi formulir pedaftaran sesuai dengan data diri kalian, ikuti langkah pedaftaran hingga selesai.


5. Pilih lokasi outlet pegadaian terdekat sesuai dengan lokasi kalian. (Lokasi ini sebagai lokasi tempat pembukaan rekening kalian juga untuk mengambil buku tabungan fisik.)


6. Pilih metode pembayaran yang kalian inginkan dan ikuti instruksinya.
Note : Pembayaran bisa dilakukan dengan G-Cash atau Virtual Account. Karena aku belum mendaftar G-Cash, aku memilih pembayaran via Virtual Account dengan biaya admin Rp 2.500,-.

Tahapan Selesai!
Proses pembukaan rekening sudah berhasil. Pendanaan awal 50.000 sudah menjadi saldo emas di rekening Tabungan Emas Pegadaian-ku. Gramasi disesuaikan dengan harga emas ketika melakukan transaksi. Aku juga mendapat gratis biaya titipan tahun pertama senilai Rp30.000.


Transaksi Emas yang bisa dilakukan di Pegadaian tidak hanya pembelian saja. Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Tabungan Emas Pegadaian:
1. Beli Emas
2. Transfer Emas
3. Jual Emas
4. Cetak Saldo Emas


Kalian juga bisa memantau harga emas melalui menu : Info Harga Emas yang tersedia di website Pegadaian / Aplikasi Digital.


Sample Info harga emas per tanggal 6 Juni 2021.
Sumber : https://www.pegadaian.co.id/harga

Info Tambahan 
Untuk dapat mencetak emas menjadi emas fisik, kalian perlu melakukan upgrade ke Akun Premium. Untuk sisa saldo Tabungan Emas Pegadaian yang mengendap minimal adalah 0,1 gram. Tabungan Emas Pegadaian bisa juga digadaikan melalui aplikasi Pegadaian Digital. Proses pencairan nya juga cepat, akan ditransfer ke rekening bank kalian pada hari itu juga.

Ada yang menarik lagi nih.. Tabungan Emas Pegadaian bisa dijadikan jaminan pembiayaan Haji di Pegadaian, yang bisa diajukan melalui aplikasi Pegadaian Digital. Selain itu juga bisa dijadikan jaminan untuk melakukan cicil perhiasan di merchant toko emas yang sudah bekerja sama dengan Pegadaian, misalnya Galeri24.

Simple dan banyak fitur menarik kan? Aplikasinya juga user friendly dan informatif. Yuk, tunggu apalagi. Kita mulai berinvestasi aman dan mudah di Pegadaian.


Thanks for reading!

Website Pegadaian : www.pegadaian.co.id
Instagram Pegadaian : @sahabatpegadaian
Aplikasi Pegadaian Digital : Pegadaian Digital


Note:
Thanks to Clozette Indonesia dan @pegadaian yang sudah memberikan kesempatan untuk aku mencoba Tabungan Emas Pegadaian.

You Might Also Like

0 komentar: