Indahnya Jepang Mengubah Phobia Takut Pesawat Menjadi Tantangan dan Impian.

Thursday, February 23, 2017 Ester Herliana 3 Comments

My Dream Vacation is JAPAN 

Hallo semuanya, 
Siapa sih di sini yang gak suka travelling / liburan? Sedikit cerita yang berujung curhat ya, sebenarnya aku gak terlalu suka liburan yang jauh, karena sedikit phobia dengan pesawat. Awal mula phobia ini muncul ketika aku mengalami turbulance yang cukup parah ketika pergi liburan ke Malaysia. Memang pada saat itu, cuaca di Bandung sedang hujan besar dan berangin. Sepanjang perjalanan tanda sabuk pengaman terus dinyalakan, mungkin hanya sekitar 20-30 menit cuaca cerah. Itu artinya adalah hampir sepanjang perjalanan aku mengalami cuaca buruk!!! Semua penumpang saat itu sudah panik, untungnya Pilot dan seluruh kru cepat menyadari hal itu. Nah gak lama kemudian, suara lantang pilot dari bagian kok-pit mulai terdengar dari speaker pengumuman, 

"Kepada seluruh penumpang harap tenang, kita mengalami cuaca buruk dari Bandung hingga Kuala Lumpur. Tetap tenang, karena saya memastikan semua kondisi awak kabin baik-baik saja".
Oh No, aku berdoa di dalam hati, pokoknya kapok deh naik pesawat. **based in my true story :D



Kembali ke topik utama, Jepang adalah destinasi impianku. Tapi masa iya aku harus menggunakan transportasi darat / laut? Perjalanan ke Jepang naik pesawat itu membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam, ke Malaysia yang hanya 2 jam saja aku sudah parno sepanjang jalan.

Seiring berjalan waktu, aku terus bertekad untuk mengusir rasa phobia itu. Aku mulai membaca artikel science mengenai apa sih turbulance , menghindari mencari tahu tentang berita kecelakaan pesawat. Dan yang terpenting mempunyai mimpi untuk suatu tujuan.

YES, Jepang menjadi salah satu hal besar yang membuatku semangat untuk menghilangkan rasa phobia itu. Di awal tahun 2017, aku melakukan bussiness trip bersama rekan kerja ke Bali, and I'm not scary anymore ! Yey, berhasil. Ketika pesawat mengalami turbulance, aku langsung menarik nafas dalam-dalam dan memulai berfikir positif bahwa ini adalah hal biasa seperti jika kita naik mobil melewati jalan buruk.

Jepang , I wil see you soon!!!
Di balik teman-temanku yang menggebu-gebu pengen banget pergi ke Korea (yang katanya sih banyak oppa-oppa ganteng). Aku tetap berteguh pendirian pengen banget ke Jepang . Gak tau kenapa ada perasaan excited yang sepertinya mengharuskan aku pergi ke negeri sakura itu.

Ini adalah beberapa hal yang membuat aku tertarik untuk pergi ke wisata ke Jepang :


Kalian inget gak sih? Ketika kita datang ke restauran Jepang, seluruh pelayan siap menyambut kita dengan sapaan "Irasshaimase". Ternyata budaya penduduk Jepang sangat menjunjung tinggi kesopanan terhadap sesama. Penduduk Jepang juga tidak segan untuk membantu sesama loh, walaupun di sana gak banyak orang yang fasih dengan bahasa Inggris, tapi itu bukan menjadi alasan mereka untuk tidak membantu kita. Mereka sangat humble untuk membantu wisatwan asing, mau menunjukan jalan, dan sangat ramah. Orang-orang di sana juga sangat taat dengan aturan dan waktu.

Selain itu, karena kebiasan-nya yang taat peraturan dan disipilin, merekapun sangat malu jika melakukan kesalahan atau kegagalan. Esktrim nya mereka sampai melakukan harakiri (bunuh diri menggunakan samurai). Pejabat di Jepang banyak yang melakukan harakiri ketika mereka teratangkap melakukan korupsi. Wow, unik ya. Patut kita contoh, bukan harakiri nya ya, tapi kedisiplanan mereka :)



Jepang memiliki banyak sekaaaaali tempat wisata yang unik. Universal Studio Japan yang ada di osaka, Tokyo Disney Sea, mal yang seluruh lantainya berisi anime, Fuji-kyu (wahana roller coaster), On Sen (permandikan air panas yang menghadap ke gunung), pengen banget juga coba naik shinkansen (transportasi kereta tercepat), Gunung Fuji (yang katanya banyak kejadian misterdi di kaki gunung fuji), restauran robot, dannn masih banyak lagi. The last but not least, pastinya pengen banget menikmati Musim semi yang bertaburan bunga Sakura ..

Itu beberapa tempat wisata unik yang sudah menjadi wish list mandatory jika suatu hari nanti aku pergi ke Jepang . Kali ini aku akan bahas beberapa tempat saja ya..

Restoran Robot di Harbin
(sumber gambar : http://asalasahnet.blogspot.co.id/2013/02/restoran-yang-menggunakan-robot-sebagai.html )




Mungkin jika kita melihat restoran ini layaknya seperti restoran lainnya. Tetapi uniknya, restoran ini memiliki 20 pekerja robot untuk melayani pelanggan (seperti memasak dan memberikan pesanan). Selain itu robot ini bisa memberika 10 ekspresi wajah yang berbeda. Wah unik ya? Pasti anak-anak seneng banget nih mampir ke restoran robot.

Semasa kuliah dulu, aku mengambil jurusan Teknologi Informatika, aku pernah mengikuti mata kuliah robotic. Untuk membuat logic dari robot ajah susah banget pake banget, di restoran ini robotnya bisa memasak bahkan mengantarkan pesanan. Wah? Ga salah yah Jepang terkenal dengan teknologinya yang maju pesat. Patut ditiru nih!

Misteri Kaki Gunung Fuji
(sumber gambar: 
http://plus.kapanlagi.com/ternyata-sama-hari-ini-lho-gunung-fuji-pertama-kali-meletus-dulu-f56ad6.html )



Kalau ditanya soal keindahan, Gunung Fuji menjadi simbol ikonik wisata di Jepang. Tinggi gunung Fuji yang mencapai 3.776 meter memiliki keindahan tersendiri untuk para wisatawan. Tapi kalian tau gak sih, ada cerita misteri di kaki gunung Fuji. Temanku yang baru dari Jepang menceritakan, di bawah kaki Gunung Fuji terdapat banyak hutan, layaknya seperti gunung lainnya. Tetapi ada satu hutan bernama Aokigahara. Konon katanya banyak orang yang pergi ke sana, tetapi tidak kembali! Banyak hak-hal mistis juga yang sering dijumpai masyarakat sekitar. Hutan ini juga terkenal sebagai tampat untuk bunuh diri. Setidaknya per tahun ditemukan 100 jasad bunuh diri. sudah banyak ilmuan yang meneliti mengenai Hutan tersebut, tetapi belum mendapatkan jawaban yang pasti. Uh ngeri ya, kalau gitu liat Gunung Fuji dari jauh ajah deh :D




Waktu paling indah mengunjungi Jepang adalah sekitar Bulan Maret - Mei. Melihat banyaknya tanaman terutama bunga sakura bersemi indah di musim semi. Banyak wisatawan menanti-nantikan moment ini. Kita bisa melihat begitu banyak bunga sakura bermekaran di waktu yang bersamaan.

Kalian bisa menikmati indahnya bunga sakura di banyak tempat, dari di taman kota, pinggir sungai dan juga sepanjang jalan raya. Pokoknya Jepang akan terlihat lebih indah di musim semi. Gak heran ya, Jepang lebih dipadati wisatawan asing di musim semi.

Festival Hanami
(sumber gambar:  http://halojepang.blogspot.co.id/2013/04/hanami.html , diedit kembali oleh Ester Herliana)


Konon katanya, di masa musim semi juga ada banyak festival menarik dan unik. Salah satunya yaitu Festival Hanami, masyarakat Jepang menikmati mekarnya bunga Sakura dengan mengadakan pesta di pagi dan malam hari. Ketika festival hanami berlangsung, mereka akan berkumpul di bawah pohon untuk bermain, pesta makan dan minum sake bersama teman dan keluarga. Festival ini berlangsung hingga akhir musim semi. Kita juga akan menemukan banyak kios makanan di pinggir kota, inilah waktunya kuliner! Dari makanan tradisional Jepang hingga modern akan kalian temukan. Wah asik sekali ya, gak heran ya banyak wistawan menunggu musim semi untuk berlibur ke Jepang.



Jarak tempat wisata satu dengan yang lain di Jepang itu kebanyakan berjauhan dan berbeda kota, tentunya akan banyak memakan waktu. Nah, Jepang mengeluarkan teknologi transportasi Shinkansen, yaitu kereta peluru super cepat. Kereta ini bisa melaju lebih dari 200 kilometer per jam. Walaupun biaya transportasi di Jepang mahal, tetapi dengan adanya Shinkansen ini menurutku sangat berguna untuk wisatawan asing yang ingin mengunjungi berbagai tempat wisata di Jepang . Selain irit waktu, kereta ini juga sering disebut transaportasi paling nyaman di Jepang . Wah kalau ke Jepang , harus nih coba naik kereta peluru super cepat Shinkansen.



(sumber gambar :  https://mariameirna.wordpress.com , http://breaktime.co.id , diedit kembali oleh Ester Herliana)

Kemanapun kaki ini beranjak untuk travelling, yang pasti di cari adalah kuliner khas dari tempat yang aku kunjungi. Cita rasa masakan Jepang menjadi incaranku. Kalau ke Jepang, sebenarnya aku lebih ingin mencari street food yang terkenal enak dan unik! slurrrp. Sushi, Takoyaki, Okonomiyaki, Shasimi? Sepertinya sudah cukup familiar ya. Sudah banyak sekali resto-resto berbau masakan Jepang yang ada di Indonesia. Tapi kalau dengan  Dango, Shirako,  Odori don ? Sepertinya masih asing di telinga kita ya. Aku akan coba bahas satu persatu ya :



1. Dango
Dango adalah sebutan untuk bola-bola ketan yang disajikan dalam satu tusukan. Proses memasak dango ini dikukus di dalam air. Kemudian dango di bakar dan disajikan dengan saus karamel madu. Mungkin jika di Indonesia, Dango ini mirip seperti 'cilok' ya. Kalau 'cilok' disajikan dengan bumbu kacang, nah kalau dango disajikan dengan lumeran saus madu yang menggiurkan.. slurrrp musti coba nih kalau kalian pergi ke Jepang!

2. Shirako
Kalau yang satu ini, dari gambarnya kurang menggiurkan ya. Jika kalian liat sekilasi shirako ini mirip dengan usus sapi yang disajikan dengan kecap asin ya? Bahan utama shirako ini adalah alat kelamin ikan kod jantan yang masih mengandung sperma, Iyuhh, dengernya sajah aku merinding. Tapi shirako ini menjadi makanan yang digemari oleh penduduk Jepang loh. Jadi penasaran ya, rasanya sperti apa.. hmm..

3. Odori Don
Makanan khas Jepang yang satu ini juga terbilang unik, Odori Don sering disebut dengan 'dancing squid in bowl'. Seperti dengan sebutannya, Odori Don adalah gurita segar tanpa kepala dan tentakel yang disajikan di atas mangkuk. Yang pasti guritanya mentah, walaupun sudah mati tetapi kaki gurita ini menari-menari, Eww, geli yah. Ketika kecap dituangkan, kaki gurita bergerak seolah gurita ini sedang menari, Ternyata kandungan garam yang tinggi dari kecap, membuat sel sel tentakel bereaksi. Dan jadilah seolah-olah si kaki gurita menari di atas mangkuk. Kalian mau coba?? :D

Itu dia beberapa informasi yang bisa aku share mengenai Jepang , semoga bermanfaat ya.

Begitu banyak ya tempat nan indah yang ada di Jepang, tentunya kalian perlu mempercayakan destinasi liburan kalian ke Travel yang terpercaya dan sudah berpengalaman kan? Sudah banyak sekali testimoni para traveller tentang HIS travel Indonesia.



HIS travel Indonesia memiliki banyak pengalaman membawa para travaller ke Jepang , HIS travel akan membantu kalian untuk menyusun rencana dan tempat destinasi yang rekomendasi di Jepang , Jika kalian saat ini mendadak membuat rencana wisata ke Jepang , kalian tidak usah khawatir. HIS travel Indonesia akan membantu kalian, dari urusan itenerary, ticketing, hingga VISA.



Pernah gak sih kalian pengen banget meng explore seluruh tempat wisata recomemded di Jepang ? Tapi kendala waktu, transportasi, ticket yang mahal, dll membuat kalian pusing dan bingung untuk menyusun itenerary?

HAnavi membantu kalian untuk:
1. Memilih jadwal penerbangan dosmetik selama di Jepang .
2. Mengirit waktu.
3. Memberikan ratusan rekomendasi Hotel dan Pesawat Dosmetik.

Dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki oleh HAnavi HIS travel Indonesia, kalian tidak usah ragu untuk menyerahkan rencana wisata ke Jepang !

Untuk detail silahkan kunjungi website offcial nya ya :
HIS travel Indonesia : www.his-travel.co.id 
HAnavi : www.hisgo.co.id

Yuk share tempat wisata di Jepang yang menjadi impian kamu! Comment di bawah ya,
see you on next post !

Xoxo,
Ester Herliana

You Might Also Like

3 comments:

  1. Wah kak, thanks for sharing ya. Boleh gak share dong perkiraan biaya nya.

    ReplyDelete
  2. Hai kak..thanks for sharing. Pas banget lagi cari-cari info ke jepang.

    ReplyDelete
  3. Youre welcome.. :) kamu bisa langsung hubungi his travel link nya ada do post ku ya

    ReplyDelete