[REVIEW] First Impression Eau De Toilette dari Zoya : MARIGOLD

Friday, September 08, 2017 Ester Herliana 12 Comments

Kalau ngomongin soal wewangian tubuh (parfum), aku salah satu tipe orang yang gak bisa 'setia' dengan satu jenis merk. Alasanya karena aku suka tergoda dengan kemasan atau aroma dari parfum lain. Apalagi kalau kemasannya lucu dan gemash, sudah pasti ku tergoda untuk coba dan beli~

Ngomong-ngomong kalian tau gak sih ada berapa macam parfum dan apa itu perbedaannya? Aku coba bahas secara singkat ya. Wewangian tubuh (parfum), jenisnya dibedakan berdasarkan tingkat konsentrasi essential oil di dalamnya (faktor yang sangat berpengaruh terhadap ketahanan aroma). Semakin tinggi tingat konsentratnya, maka aromanya akan bertahan lama dan harganyapun akan semakin mahal. Urutan jenis parfum berdasarkan tingkat konsentrat essential oil tertinggi : 

1. Parfume
Karena memiliki kadar konsentrat tertinggi, parfum bisa tahan hingga seharian. Apalagi jika sudah di semprot ke baju, kadang aromanya masih nempel hingga keesokan harinya.

2. Eau De Parfume (EDP)
Kurang lebih bertahan 4-6 jam, cocok digunakan untuk kerja atau aktifitas outdoor.

3. Eau De Toilette (EDT) 
Kurang lebih bertahan 2-4 jam, tergantung dari aktifitas. Cocok untuk kegiatan santai untuk acara event / undangan. Karena aromanya tidak menyengat, ringan dan lembut.

4. Eau de Cologne (EDC)
Hanya bertahan maksimal 2-3 jam saja, karena kadar essential oil semakin sedikit. Memiliki kadar air dan alkohol paling tinggi. Biasanya jika ingin dipakai seharian, perlu re-apply setiap dua jam sekali. Untuk di pasaran mungkin lebih terkenal dengan sebutan body mist / body splash. Harga eau de cologne tergolong paling murah dan kapasitas dalam satu botol banyak. Tapi sedikit boros karena harus re-apply berkali-kali.

Intinya sih, sesuaikan parfum dengan kebutuhan dan aktifitas kalian sehari-hari. OK! Kembali ke topik utama, di post kali ini aku mau membahas EDT yang baru aku coba dari Zoya Cosmetics yang baru launching di bulan Agustus 2017.

Zoya Cosmetics sudah berhasil membuat aku jatuh cinta dengan produk lip paint metallic nya yang menjadi salah satu produk fav ku (baca di sini). Bulan lalu menjadi launching perdana produk Eau De Toilette (EDT) yang hadir dalam 3 varian : Marigold, Cotton, dan Blossom yang terinspirasi dari wewangian aroma bunga untuk khas keanggunan seorang wanita.


Kali ini aku mencoba varian Marigold, yang aromanya menggambarkan wanita yang elegan dan dewasa.

Kemasan



Kemasan box nya elegan banget , warna gold shimmering dan box nya berbahan doff gitu. Keliatan luxury banget! Ngomong-ngomong soal kemasan box, baru kali ini aku membeli EDT yang dikemas dalam box yang keliatan mewah. Aku pernah membeli salah satu brand luar, gak dapet kemasan box sama sekali. Hanya dapet EDT tanpa segel pula, serasa beli barang "murah".


Informasi produk terdapat lengkap di bagian bawah boxnya, lengkap dengan expired date. Box nya juga tebal dan kokoh, sangat cukup untuk melindungi kemasan botol agar tidak rusak.


Untuk kemasan botolnya, sangat simple dan clear. Bentuk dari tutup botolnya menjadi salah satu faktor yang membuat EDT ini terlihat elegan. Ukirannya yang mirip dengan bentuk kelopak bunga mencerminkan aroma EDT ini memiliki aroma bunga yang khas.

Kapasitas EDT ini 50ml, standard untuk ukuran EDT. Karena bakalan awet, cukup 2-4 semprot saja sekali pakai. Aroma EDT cenderung lebih strong dan tahan lama.

Aroma dan Ketahanan

Setiap orang pasti mempunyai selera aroma parfum yang berbeda. Beberapa jenis aroma parfum yang populer:
1. Musk
Aroma maskulin dan sensual. Cocok untuk pecinta aroma yang warm dan powdery (seperti bedak).
Rekomendasi : Eau De Toilette Zoya Cosmetics: Blossom.

2. Floral
Sesuai dengan namanya, aroma nya terbuat dari beberapa ekstrak bunga. Sangat feminin dan lembut.
Rekomendasi : Eau De Toilette Zoya Cosmetics: Marigold.

3. Oceanic
Belakangan ini aroma oceanic sedang populer dan disukai para pecinta parfum. Berkaitan dengan wewangian yang mencerminkan nuansa alam yang segar, seperti awan cerah dan angin laut yang segar. Varian ini menjadi salah satu aroma favku.
Rekomendasi : Eau De Toilette Zoya Cosmetics: Cotton.


Untuk membantu aroma parfum tahan lama, aku mempunyai beberapa tips yang bisa kalian coba. Semprotkan parfum dalam jarak kurang lebih 15-20cm, agar parfum menyebar ke seluruh permukaan kulit secara merata. Kemudian, semprotkan parfum ke titik panas tubuh agar aroma lebih tahan lama. Biasanya permukaan kulit yang dekat dengan nadi adalah titik panas tubuh, karena nya banyak orang merekomendasikan untuk menyemprotkan parfum di dekat leher dan pergelangan tangan. Ternyata cara itu ampuh membuat aroma parfum / EDT menjadi lebih tahan lama.

Biasanya aku menyemprotkan EDT Zoya Marigold ini di pagi hari setelah mandi. Semprotkan di bagian leher , pergelangan tangan, dan tubuh. Di sore hari aku re-apply cukup di bagian leher agar aroma nya tidak terlalu menyengat. Cara itu cukup efektif dan aroma EDT nempel di badan ku seharian.


Untuk top-notes awal aroma nya menyengat. Top-notes adalah aroma awal ketika parfum disemprotkan ke tubuh, biasa nya cepat menguap. Gak berapa lama aroma nya berubah mengikuti suhu dan tubuh seseorang yang sering disebut dengan middle-notes. Aroma nya menjadi lebih soft dan warm. Dan pada akhirnya aroma terakhir yang akan nempel di tubuh kita disebut dengan base-notes. Base-notes nya menurutku sangat tercium floral seperti campuran bunga jasmine dan bunga lily, tapi ada sedikit sentuhan aroma powdery seperti bedak yang memiliki kandungan parfume. Aromanya sangat mature dan elegan.

Harga

Kalian bisa beli secara online di : www.zoyacosmetics.com dengan harga Rp. 99,000. Cukup affordable untuk 1 botol EDT yang tahan lama dan memiliki aroma yang enak.


Re-purchase?
Of course YES! Next time aku mau mencoba varian cotton. Sesuai dengan aroma fav ku. 

Produk Eau De Toilette ini dikirim oleh Zoya dalam bentuk kerjasama dengan BandungBeautyBlogger ! Thanks ya Zoya!

Thanks all for reading, see you on my next post!

You Might Also Like

12 comments:

  1. Hi Ester, aku jadi penasaran sama wanginya soalnya jatuh cinta sama packagingnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! Aku juga suka banget sama pacakgingnya yang kecil dan elegan. <3

      Delete
  2. Feminin banget kemasannya..penasaran euy, krn temenku ada yg pakai bilang wanginya enak

    ReplyDelete
  3. Jadi penasaran sama ketiga aroma EDT Zoya ini. Tadinya ngincer yang biru, tapi yang Marygold ini kok kece juga, lalu bingung XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahha sama! Aku sampe pengen beli dua aroma yang lain <3

      Delete
  4. kemarin baru liat bentukan yang marigold 🌼 lebih mewah gtu yaa kesannya. boxnya warna gold gitu. jadi pengen jugaaaa
    tapi aku kan setia dengan cotton 😆

    meiilylee
    sweetmaymories.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, ah aku malah penasaran dan aroma yang cotton. Aku suka banget aroma cotton!

      Delete
  5. Ini Zoya emang lucu2 banget deh packagingnya, jadi kepengen coba juga hihihi. Btw salam kenal yaaaa

    herstory-journal.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  6. kemasannya cantik-cantik ya kak, gimana wanginya? kayaknya seger, jadi pengen nyoba..

    ReplyDelete
  7. Today, anyone can have finish access to these Eau de Parfums, Eau Extracts and the Eau de Toilette.top 10 men's cologne

    ReplyDelete
  8. Individuals' drive to accomplish physical Anne Hathaway Face Cream beauty is more grounded now than it has ever been before.

    ReplyDelete